Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Senin, 01 September 2014

Posted by ashidqy hayun on 09.31 in , | No comments
q.s al-'ashr“Demi masa.  Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Demikian bunyi dan arti dari Q.S. Al ‘Ashr ( 103  ) : 1 – 3 yang menjadi tema dari pengajian rutin Jum’at Religi di halaman SMP N 1 Jumapolo setiap minggu ke-4 yang dimotori oleh para anggota Rohis pada Jum’at, 29 Agustus 2014 kemarin. Dalam tausiahnya Ustadz Suwarto, S.Pd menyinggung tentang kelemahan umat Islam. Apa sebenarnya kelemahan umat Islam itu? Kelemahan umat Islam yang diungkap oleh beliau adalah kemampuan membaca Al-Qur’an namun tidak diimbangi dengan kemampuan memahami arti dan makna dari apa yang telah dibacanya tersebut. Bapak Ustadz juga membuktikan statementnya tersebut. Caranya? Ketika Beliau meminta agar siswa yang bisa hafal sural Al-‘ashr untuk mengangkat tangan, sebagian siswa yang hadir langsung menyambutnya. Ketika diminta untuk maju membuktikan, antusias para siswa itu untuk maju ( maklum, biasanya yang beginian ada rewardnya dari para ustadz yang diundang… lumayanlah, bisa buwat nambahin uang saku sehari… hehehe… ) . Namun ketika yang ditanyakan arti dari Q.S. Al-‘Ashr seluruh siswa diam. Bahkan sampai diulang hingga tiga kali kesempatan dengan diselingi ceramah ringan. Barulah pada kesempatan terakhir ada seorang siswi yang maju ke depan untuk menjawab tantangan pak Ustadz.
Hal inilah yang membuat umat Islam dalam kerugian. Kenapa? Karena bisa jadi kita akan mengamalkan sesuatu namun kurang paham akan dasar hukumnya. Dan yang seperti ini patut menjadi keprihatinan bagi kita semua yang mengaku sebagai pengikut Nabi besar Muhammad SAW..
Demikian sedikit tentang kegiatan Jum’at religi yang kami laksanakan pada Jumat 29 Agustus 2014 kemarin. Semoga ada manfaat yang bisa kita peroleh, untuk Keluarga Besar SMPN 1 Jumapolo khususnya maupun bagi netter yang sempat membaca pada umumnya… ammiiiiiinn…………….

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site