Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Jumat, 26 Desember 2014

Posted by ashidqy hayun on 08.04 in , , | 11 comments
Beberapa hari lalu ada sms dari seorang teman isinya tentang kenaikan gaji PNS tahun 2015 besok. Jujur saja ketika membaca sms tersebut tidak ada yang terasa wah atau bagaimana githu… meski jujur saja kalau melihat nominal yang tertulis lumayan juga sih. Terlebih untuk saya sebagai PNS golongan 3A. seandainya benar, ini benar-benar layak disyukuri. Tapi mau bagaimana lagi, sudah terbiasa rasanya saya dengan hal-hal yang berbau seperti itu, hoax kalau istilah kerennya sekarang.

sms+bbm+lucu
Lalu sekitar tiga hari kemudian,dapat lagi saya  berita yang sama dari seorang teman yang lain. Tapi kali ini lewat BBM. Trus hari ini, di beranda facebook seorang teman ketika Pra Jabatan dulu juga diposting hal yang serupa. Bahkan kali ini terlihat jelas kalau berita tadi tercetak dalam surat edaran.
Hmmm… lumayan massif juga ternyata peredaran berita SKB tiga menteri tentang kenaikan gaji PNS tahun 2015 ini…
Kalo mau tahu, ini lho sebenarnya bunyi SKB tiga menteri yang kami maksud; “ KABAR GEMBIRA BUAT GURU2. SKB MENKEU.MENDIKBUD. MENPAN NO.251/SKB/2015. Menjlskan bhw:1.Tnjngan sertpkasi dicabut tmt 1 januari 2015 2.Sbgai penggantinya dbrkan tnjangan ksjhtraan sesuai GOL/RUANG.GOL.II.A/B. 3JT/BLN. II.C-D. 3,5JT. GOL III.A-B.4JT. III.B-C. 4,5JT. GOL IV.A-B 5JT. IV C-D.6JT. dtmbh tnjngan daerah terpncil tngkat kab/kota 2,5jt/bln. bg tnjngn struktral KS. 2,5JT/BL.PENILIK., PENGAWAS 3JT.KA.TU. 3JT/BL KA UPTD 5JT/BL.GAJI KE-13 DBERIKAN TIAP BLN FBRUARI . DAN GAJI POKOK JG DIADAKAN PERUBAHAN SBB. GOL II.A.B. 3,5JT. II.CD.4JT.III.A.B 4,5JT.III.C.D.5JT. IV.A.B.5JT. IV.C.D.6,5JT. BAGI GURU WB.. dst “
Lalu kenapa saya tidak terkejut atau mungkin merasa senang ketika menerima sms tersebut ( meski jujur, kalau memang kejadian seperti yang tertulis tersebut ya g’ apa-apa juga… kebetulan sekali menurut saya… hehehe… ngarep dot com… ) – ( dan bagi para guru yang sudah bersertifikasi mungkin saja ini bencana karena cicilan mobilnya belum pada lunas… hehehe… )
Oke, balik lagi ke bahasan yang di atas, kenapa tidak terkejut itu. Ya karena dulu, entah tahun berapa itu, kalau tidak salah tahun 2012 mungkin, pernah ada edaran/ sms beranting yang sama. Isinya malah lebih fantastis kalau tidak salah ( maaf, saya lupa-lupa ingat ) sekitar 5 jutaan untuk golongan 3 (Alhamdulillah….).
Kemudian yang kedua; edaran tersebut mengatas namakan tiga menteri. Tapi lihat saja nomor suratnya, harusnya kalau mengatas namakan SKB nomor surat tidak akan sesederhana itu. Ketika nama yang dipakai lebih banyak, urusannya juga akan lebih panjang. Imbasnya juga akan ke nomor surat, otomatis juga akan melibatkan tiga kementrian.
Berikutnya yang ketiga; lihat lagi pada tahun surat, 2015. Yups, betul, memang SKB ini dikatakan berlalu pada tahun 2015. Seorang teman yang juga menerima sms ini ngeyel tentang hal ini. Tapi plisss dong, kalau memang SKB ini bertahun 2015, ngapain keluarnya tahun 2014? Ndak salah itu? Harusnya tahun surat juga 2014. Terus masih juga ada makhluk yang ngeyel lagi, “ini itu akan keluar januari nanti pak suratnya’. Tapi nomornya itu lho, banyak bingit. Rajin amat orang-orang di kementrian sehingga bulan januari saja sudah mengeluarkan surat dengan nomor ratusan, keputusan bersama lagi.
So, apa kesimpulannya? Bagi bapak atau ibu terutama yang PNS, jangan terlalu heboh menanggapi beredarnya edaran, SMS, atau BC tentang SKB kenaikan gaji PNS tahun 2015 ini. Karena jelasjelas ini adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Tidak perlu juga resah, panik, tidak doyan makan, tidak bisa tidur, atau mimpi buruk karena tunjangan sertifikasi hilang… hehehe… karena sekali lagi banyak hal janggal yang ada dalam edaran tersebut.
Semoga tulisan ini bermanfaat… wassalam…

11 komentar:

  1. Hanya sebuah wacaana yang jauh dari kebenarannya, namun sekiranya benar patut untuk di syukuri.....

    BalasHapus
  2. Yang paling penting,,, semangat dan cara mengajar ditingkatkan, insya Allah, nikmat yang ada tidak hilang bahkan bertambah,,,

    BalasHapus
  3. Berhubung aqu mah orang awan ya "EGP", aja deh

    BalasHapus
  4. Bekerja dengan ikhlas, mensyukuri apa yang sudah ada adalah puncak kenikmatan dalam berkarya. Semoga

    BalasHapus
  5. marest lentina SPd9 Januari 2015 pukul 18.47

    Apapun SKB 3 Menteri nantinya ...harapan Saya tentu akan lebih baik untuk kesejahteraan Guru. Mari Kita tetap semangat menjalankan tugas dengan iklas dan rasa penuh tanggung jawab.

    BalasHapus
  6. Klo beneran itu terjadi..... Alhamdulillah bangetsss.....
    ckckckck....

    BalasHapus
  7. Itu wacana ato bagaimna dibandingan dgn salary cikgu di negara lain, kita jauh kali yeee

    BalasHapus

Search Our Site