Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Selasa, 21 Oktober 2014

Posted by ashidqy hayun on 11.36 in , | 1 comment
Alon rider - Saat ini sudah semakin banyak terobosan yang dilakukan oleh pemerintah demi kenyamanan pelayanan kepada masyarakatnya. Beberapa kantor publik juga seakan berlomba untuk member pelayanan yang efektif dan seefisien mungkin. Semakin cepat, tanggap, dan tentunya semakin mudah. Salah satu yang saya rasakan adalah seperti ketika membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Kabupaten Karanganyar.
samsatKebetulan bulan ini si Supri, tunggangan yang paling setia menemani kemana pun saya jalan itu sudah tiba waktunya untuk pajak tahunan. Beberapa waktu lalu pernah diberitahu oleh seorang teman, lebih enak kalau pajaknya di-online-kan saja. Lebih cepat, antrinya tidak terlalu banyak.
Terusterang saya jadi penasaran. Karena kebiasaan kalau tiba waktu pajak selama ini seandainya saya yang pajak sendiri, waktu untuk menunggu hingga proses selesai bisa memakan waktu yang lama, apalagi kalau antrian sedang banyak, bisa lebih lama lagi. Hingga terkadang saking malesnya, saya titipkan saja ke tukang parkir yang ada di samsat. Biasanya mereka juga nyambi jadi calo pengurusan surat kendaraan bermotor.
Tapi siang ini saya ingin mencoba saran teman saya beberapa waktu yang lalu. Kebetulan juga hari ini ada sistem reduksi jam di kantor. Sehingga bisa pulang lebih awal. Jarang-jarang lo ada kesempatan kayak gini… hehehehe…
Saya sampai di Kantor Samsat Karanganyar sekitar jam 12.05. wah, saya masuk lewat pintu utama. Prosedur pertama yang saya lakukan adalah celingak-celinguk karena belum tau prosedur pajak yang secara online. Ternyata di Kantor Samsat sedang jam istirahat, pelayanan baru dibuka lagi sesudah jam 13.00.Ya wis, kalau memang prosedur operasional standarnya seperti itu, mending cari Mushola buat sholat dhuhur dulu,
Jam 12.40 saya balik lagi ke depan. Eh, ketemu seorang teman. Kebetulan dia juga mau bayar pajak. Online juga. Ternyata untuk pajak online masuk lewat pintu sebelah barat. Atau kalau di papan petunjuk tertulis sebagai ‘RUANG C’. Masuk ke ruangan yang dimaksud antrian baru 2 orang. Saya baca dipapan tempel, syaratnya cuma BPKB Asli, STNK Asli, sama KTP Asli. Ndak ada yang namanya fotocopy. Beberapa saat kemudian ternyata antrian yang mau pajak secara online bertambah banyak. Oleh petugas yang sudah sampai di loket pelayanan, ditunjukkan keranjang plastik. BPKB, STNK dan KTP diantrikan dulu di situ. Karena posisi agak di belakang, saya dapat tumpukan yang sudah agak banyak ( nasib ). Beberapa waktu kemudian saya lihat petugas tadi mengambil tumpukan yang ada di dalam keranjang tadi. Lalu diberi nomor antrian. Dan saya dapat antrian 165, banyak amat ya?
Jam 13.00 tepat pelayanan dimulai. Ternyata antrian siang dimulai dari nomor 161. Cepat sekali prosesnya. Rata-rata cuma 1 – 2 menitan. Giliran saya dipanggil. BPKB, STNK dan KTP yang tadi diberikan ke saya berikut nomor antrian saya berikan lagi pada petugas. KTP dan STNK di-scanner. Terus diberikan kepada petugas disebelahnya. Petugas tersebut lalu mengeprint bukti pajak yang baru, saya bayar, lalu bukti pajak yang baru distempel. Terus BPKB, STNK dan KTP berikut bukti pajaknya diserahkan lagi ke saya. Selesai…
Saya lihat jam yang tertempel di dinding, jam 13.07. woowww, cepat sekali, hanya tujuh menit dan selesai. Jauh lebih cepat daripada yang tertulis di papan standar pelayanan samsat karanganyar.
Pokoknya Bravo Samsat Karanganyar…!!!
Coba kalau kantor layanan publik lainnya juga punya pelayanan secepat kilat seperti ini. Pasti kelunan masyarakat terhadap layanan aparat akan jauh berkurang…
Semoga……

samsat karanganyar
Ruang C Samsat Karanganyar
 
bpkb motor
loket pelayanan pajak online


1 komentar:

Search Our Site