Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Kamis, 15 Mei 2014

Posted by ashidqy hayun on 18.45 in | No comments
Pokja 3 - Rabu, 7 Mei 2014 – Hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional ( UN ) tingkat SMP. Kebetulan saya medapat tugas mengawas silang di MTsN Jumapolo. Sekitar jam 7.30 pagi ketika sedang ada taklimat ( teman-teman biasanya mengatakan briefing, tapi saya lebih suka dengan kata taklimat, lebih berkelas menurut saya.. :-P ) mengenai pelaksanaan UN dari Bapak Kepala Madrasah tempat mengawas, Hape yang ada di kantong baju bergetar, “wew, sopo ki sing SMS”, bathin saya.
Ternyata pesan dari Pak Ketua MGMP Pokja 3.


“ Ass. Ngaturi rawuh bpk/ibu gpai smp pokja 3 bsk pd hr kamis, 8 mei 14 jam 10.30 tempat mushala smpn 1 jmtono. Keperluan ngisi DATA EMIS KEMENAG PENTING. Hapap bawa data lengkap n tdk pamit. Mks. Was. ”

“Ya okelah, what ever itu, siap ndan…!!”, yang ini juga saya batin lho.. hehehe…
Sorenya ada lagi SMS yang nyusul,

“ Mhn disiapkan NPSN, jml siswa total dan yg muslim (lp-pr), NUPTK, NIK KTP, TMT SK AWAL, TMT SK AKHIR, NRG. Thn terbit NRG. Ok.”

......................................................................................................................................

MGMP-PAI-Karanganyar
Kamis, 8 Mei 2014 – Materi UN hari terakhir selesai sudah. Dan sepertinya tidak ada hal urgent yang bisa menimbulkan masalah di tempat ngawas UN. Setelah sedikit ramah-tamah dan basa-basi sebentar dengan tuan rumah penyelenggara UN, kami para pengawas yang diberi tugas pamit kepada tuan rumah untuk kembali pulang menjalankan tugas seperti biasa di pangkalan masing-masing ( kalo yang ini cukup diwakili koordinator pengawas…)
Well, urusan mengawasi UN selesai. Sekarang, meluncur ke tempat yang kemarin sudah di tentukan untuk berkumpul. Naik sepeda motor santai, sambil menikmati sekitar 9 kilometer jalan yang berkelok naik turun, pemandangan indah sawah, sungai, kebon tebu, kebon duren ( sayang untuk yang terakhir ini sudah g’ musim ), sampai juga di SMP N 1 Jumantono.
Sampai di TKP ternyata baru 4 orang yang hadir.( Ya ndak apa-apalah, yang lain pasti juga masih di perjalanan ). Beberapa saat, para anggota mulai berdatangan. Disusul kemudian pak ketua yang kemarin SMS punya gawe. Langsung saja Beliau nyebar formulir. “Oooo, EMIS lagi to…”, komentar seorang teman.
Pasti bagi Bapak atau Ibu Guru yang baca ini sudah tahu apa itu EMIS. Tapi bagi teman-teman yang awam, pasti tidak familiar dengan kata “EMIS” ini. Sebenarnya EMIS itu apa to? EMIS adalah singkatan dari EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM yang kemudian disingkat dengan EMIS. Jadi sesuai dengan yang sudah disebutkan sebelumnya, EMIS adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk memudahkan dalam memanajemen pendidikan. Dan untuk melengkapi sistem ini, maka up-date data yang ada tentang berbagai hal yang terkait pendidikan harus dilakukan.
Ok, itu tadi sekilas tentang EMIS. Selanjutnya sambil menunggu anggota MGMP PAI SMP Pokja 3 yang belum hadir, acara mengisi data EMIS 2013-2014 pun dimulai bareng-bareng. Kenapa musti bareng-bareng? Karena Pak Ketua lagi males… hehehe…
( maaf, cuma bercanda pak… ). Bukan itu ding maksudnya. Ngisi data bareng-bareng tadi cuma untuk memudahkan saja. Karena dalam data EMIS ada beberapa kode tertentu yang juga tertentu untuk keterangan yang tertentu yang harus diletakkan di tempat yang sudah ditentukan juga ( mbulet ya? ). Intinya begini, daripada mengisi sendiri-sendiri kemudian ketika bertemu dengan kode tertentu harus bertanya pada Pak Ketua yang pegang kodenya ( kenapa g’ difotocopy wae ya? Trus disebarin ke masing-masing anggota.. hehehe… Cuma mbathin lagi ini lo pak… hehehe )
Ya daripada bolak-balik njawab, trus siapa tahu ada yang bingung, mengisi data bareng-bareng seperti tadi mungkin memang lebih baik. ( Okelah, alasan saudara bisa saya diterima… )
Setelah beberapa waktu, pakai acara bingung dan ribut juga ternyata, pengisiaan data EMIS 2013-2014-nya akhirnya selesai juga.
Time to pulang…. Eh, belum ternyata…
Ternyata masih ada info lanjutan, isinya tentang rencana lomba-lomba yang akan diadakan di Kabupaten Karanganyar. Ada Tilawah, Pidato, cerdas cermat, melukis kaligrafi, lan sak panungalanipun. Cuma untuk kali ini yang belum jelas adalah waktu pelaksanaannya. Jadi yang penting masing-masing sekolahan dimohon untuk mempersiapkan diri saja dahulu.
Terakhirnya; acara kumpul-kumpul mengisi data EMIS-nya ditutup dengan bacaan hamdallah bersama-sama. Juga dengan harapan apa yang telah dilaksanakan hari ini semoga bisa menimbulkan manfaat bagi semua. Amiiinn….

Sekian dulu…

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site