Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Senin, 21 April 2014

Posted by ashidqy hayun on 10.41 in , | 1 comment
Beberapa hari lalu ada ibu-ibu tetangga yang heboh ( kebetulan temen dekat istri saya.. ). Apa pasal; si Ibunya cerita kalo anak perempuannya ( umurnya lebih kurang 3 tahun) yang dititipkan ke tetangga (yang satunya lagi ) ketika mau dijemput oleh dia terpergok sedang ( maaf ) memegang-megang kemaluan anak tetangga yang dititipi tadi ( kebetulan juga laki-laki, umurnya sekitar 5-6 tahunan mungkin ).  Ya saya maklum juga sih, Ibu mana yang tidak syok melihat anaknya yang masih sangat-sangat belia berbuat seperti itu. Ketika ditanya, anak perempuan tadi sambil nangis dia bilang kalau dipaksa sama anak laki-laki tetangga tadi… ( nah lo…).  Ketika si anak laki-laki tadi dipancing untuk bicara ( bukan dimarahi lo ya, toh percuma juga anak umur segini dimarahi…), si anak bilang, dia lihat di hape bapaknya ada yang seperti itu… ( wallaaahhh….). la terus harus bagaimana ini, siapa yang musti disalahkan kalau kejadiannya seperti ini??

Okelah, sekarang kita tidak usah dulu men-judge siapa yang salah dalam hal ini. Akan tetapi alangkan baiknya kalau sebagai orangtua kita mempunyai beberapa file atau konten yang tidak layak tayang seperti itu, mbok ya bersikap yang lebih arif. Tolong dong di sembunyikan dari si anak, atau lebih bagus lagi di delete saja ( kalo yang ini mah lebih bagus…)

Tapi kalau memang masih eman-eman atau sayang, ya disembunyikan saja dulu. Minimal si anak kita tidak bisa mengekspos konten tidak layak tayang tadi.

 

La terus gimana cara menyembunyikannya? Hape saya android je mas? Apa-apa ya langsung Nampak….

Gampang sebenarnya kalau Cuma mau menyembunyikan file di hape android. Cukup pake yang namanya dot folder.

 

La dot folder itu apa?

 

Dot folder itu adalah file yang diawali dengan titik ( . ), -ingat kan ketika kita menyebut alamat dari sebuah web, semisal google.com. pasti bilangnya google-dot-com.

 

Masih bingung? Ya sudah, lihat saja gambar contoh ini…

 

(maaf,  hape contoh yang digunakan adalah Samsung Galaxy young)

 

android

Nah, folder seperti yang nomor 1, 2 dan 3 itu contohnya. Semua diawali dengan titik.

 Nah, pernah lihat yang seperti di atas di layar hape kan? Belum? Ok, saya kasih tau cara lihatnya. Ambil hape anda. Kalo yang seperti ini pasti pernah lihat kan?
hape jadul
 
Nah ada menu yang berjudul File Saya, klik aja menu yang itu. Lalu akan muncul yang seperti ini;

 
anak ragil
 

Kemudian untuk memunculkan folder yang tersembunyi, sentuh saja tombol menu. Maka akan muncul yang seperti ini;

sragen
 
Lalu pilih “Lainnya” maka berikutnya akan muncul dilayar hape anda yang seperti ini;

Pilih saja pengaturan, selanjutnya aka nada pilihan berikut;

Pilih “tampilkan file yang tersembunyi”, beri centang. Maka…..
Inilah yang berikutnya muncul…

Sama kan seperti gambar yang di awal tadi, ada beberapa folder yang berawalan dengan titik. Nah, sampai disini terserah anda mau langsung memindahkan file atau konten yang anda miliki ke folder dot yang sudah ada atau mau membuat dot folder baru. Ini caranya;

Ingat gambar yang seperti ini yang di atas kan? Yang di peroleh sesudah memencet tombol menu. Nah pilih bagian “Membuat folder”, akan muncul….

Silahkan anda tulis nama folder yang dikehendaki. Jangan lupa ya, pake titik terlebih dahulu. Semisal disini kami inging buat folder dengan nama ,cicak. Sesudah selesai tekan saja “ok”. Maka akan jadi yang seperti ini.

Sekarang silahkan anda pindahkan file yang ingin disembunyikan ke dalam folder dot yang sudah anda buat tadi.

 

La terus kalo hape buatan China bagaimana? Pada prinsipnya sama saja kok. Malah lebih mudah biasanya. Sebagai contoh semisal kalo  kita pakai hape Advan ( entah tipe berapa, saya lupa… hehehe…)

 
Ini gambar menunya

Pilih saja “File Manager”, lalu akan muncul;
 
Silahkan pilih yang mana saja. Kalo di sini kami pilih kartu SD. Berikutnya…

Nah, tinggal pilih kan. Pilih saja yang tampilkan file tersembunyi. Maka…

Nah, muncul juga kan folder dot-nya. Tinggal dipindah deh konten yang mau disembunyikan. Atau mau bikin folder dengan nama sendiri lagi? Gampang, lihat di pojok bawah kiri layar. Di situ ada gambar folder dan +, klik saja. Akan muncul yang seperti ini;
 
Silahkan dimanai sesuka hati. Tapitetep jangan lupa pake titik di depan dulu ya. Kalo sudah, tekan “ok”. Dan……
children
 
Folder rahasia anda sudah jadi…

Terus bagaimana bila ingin memnembunyikan lagi? Mudah sekali, balik saja prosesnya. Pada hape yang china tinggal di klik lagi tampilan file yang tersembunyi, pada hape yang Samsung tadi centang pada tampilkan file yang tersembunyi tinggal dihilangkan. Mudah kan? Silahkan dipraktekkan…. J

1 komentar:

Search Our Site