Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Senin, 31 Juli 2017

Posted by ashidqy hayun on 13.31 in , | No comments
Pendidikan Agama Islam ( PAI ) merupakan salah satu materi pelajaran yang istimewa. Di dalam materi pelajaran ini, tercakup berbagai aspek yang meliputi Alqur’an, keimanan ( tauhid ), Fiqih, akhlak, dan tharikh ( sejarah ). Materi Pendidikan Agama Islam sendiri cakupannya tidak hanya meliputi bidang pengetahuan saja, tetapi juga sebagai bahan agar siswa mampu bersikap, berakhlak, dan mempraktikkan ajaran agamanya. Oleh karena itu, sebagai pelaksanaan kurikulum yang berlaku saat ini, Pendidikan Agama Islam diarahkan kepada hal-hal sebagai berikut:
a.       Meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah swt.
b.      Meningkatkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama dalam rangka meningkatkan akhlaqul karimah.
c.       Menghindari kecenderungan pendangkalan dan pengkerdilan, pemahaman dan kehidupan spiritual keagamaan.
d.      Meningkatkan peranan agama sebagai pemberi motivasi.
e.       Menanggulangi dampak negatif dari proses modernisasi yang berbentuk praktik-praktik cultural yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.
f.       Mengimbangi dan mengadakan adaptasi dalam proses modernisasi dalam bentuk pengembangan pikiran-pikiran ilmiah dalam cara menghayati dan mengamalkan ajaran agama.
Karena beberapa hal inilah, maka peran dari Pendidikan Agama Islam sangatlah vital bukan hanya sebagai suatu ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai kontrol dan pemberi pengalaman nyata bagi peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya.
Berkaitan dengan hal-hal tersebut di atas, maka sebagai bentuk tanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran dan pengamalan nilai keagamaan, maka kami mengadakan program Ujian Praktik untuk mata pelajaran Pendidikan Agama islam. Ujian praktik sendiri merupakan salah satu dari tiga aspek Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) ; aspek yang lain adalah ujian tulis dan akhlak mulia. Ujian Praktik ini dilaksanakan dengan maksud mengukur kemampuan peserta didik dalam menguasai materi amaliah Pendidikan Agama Islam. Adapun aspek PAI yang diujipraktikkan adalah Al Qur’an dan Fiqih.

Untuk Proposal Program Ujian Praktik Pendidikan Agama Islam selengkapnya silahkan di download di link berikut ini : Ujian Praktik PAI 2016-2017  >>>> Terimakasih....

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site