Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Senin, 01 April 2019

Posted by ashidqy hayun on 04.00 in , | No comments
Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa dalam kurikulum atau silabus, materi bahan ajar hanya dituliskan secara garis besar dalam bentuk “materi pokok”. Menjadi tugas guru untuk menjabarkan materi pokok tersebut sehingga menjadi bahan ajar yang lengkap. Selain itu bagaimana cara memanfaatkan bahan ajar juga merupakan masalah. Pemanfaatan yang dimaksud adalah bagaimana cara mengajarkannya yang ditinjau dari pihak guru dan cara mempelajarinya dari pihak siswa. Berkenaan dengan pemilihan bahan ajar ini, secara umum masalah yang dimaksud meliputi cara penentuan jenis materi, kedalaman, ruang lingkup, urutan penyajian dan perlakuan (treatment) terhadap materi pembelajaran. Masalah lainnya yang berkenaan dengan bahan ajar adalah memilih sumber di mana bahan ajar tersebut didapatkan.

Biasanya baik siswa, orang tua maupun guru cenderung menganggap sumber bahan ajar hanya dititik beratkan pada buku. Keberadaan buku memang sangat membantu dalam proses pembelajaran, namun jangan sampai hanya berpedoman pada buku. Karena masih banyak sumber bahan ajar yang lain selain buku yang dapat digunakan. Bukupun tidak harus satu macam dan tidak harus sering berganti seperti terjadi selama ini. Berbagai buku dapat dipilih sebagai sumber bahan ajar. Namun selain buku, sumber bahan ajar lainnya dapat didapatkan dari internet, jurnal, majalah, koran, CD interaktif, lingkungan dan masih banyak lagi yang digunakan sebagai sumber belajar.
Berkaitan dengan hal-hal tersebut diatas, maka bagi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 9, kami sertakan materi-materi yang bisa digunakan sebagai buku pendamping dalam proses pembelajaran. Materi-materi dalam buku pemndamping ini adalah buah karya dari teman-teman GPAI di Kabupaten Karanganyar dalam Pelatihan dan Works Shop Penulisan Buku Pendamping yang di adakan oleh MGMP PAI SMP Kab. Karanganyar.  😃

Untuk materi kelas 7 dan 8 mohon bersabar, inshaallah akan segera kami upload

Berikut ini materi-materi buku pendamping mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 untuk kelas 9 SMP. Semoga bermanfaat.

1. Q.S Az Zumar

2. Iman Kepada Hari Kiamat

3. Jujur dan Menepati Janji

4. Berbhakti Kepada Orangtua dan Guru

5. Zakat Fitrah dan Zakat Mal

6. Ketentuan Penyembelihan

7. Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara

8. Damaikan Negeri dengan Toleransi

9. Tata Krama, Sopan Santun dan Rasa Malu

10. Iman Kepada Qadha dan Qadar

11. Dahsyatnya Persatuan Dalam Ibadah Haji dan Umrah

12. Akikah dan Qurban

13. Menelusuri Tradisi Islam di Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site