Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Kamis, 21 Maret 2019

Posted by ashidqy hayun on 12.14 in , , | No comments
Proposal Kegiatan Ramadhan 1438 H
SMPN 1 Jumapolo Kab. Karanganyar
 
I. Pendahuluan 

Siswa dengan segala vitalitasnya menyimpan sejumlah potensi yang patut dikembangkan. Di masa depan, mereka merupakan pelaku utama dalam perubahan masyarakatnya, sehingga maju mundurnya kehidupan ada di tangan mereka. Dan bagaimana mereka sukses di jamannya amat bergantung kepada keseriusan menanggapi suatu informasi, serta membiasakan dalam diri mereka untuk menjadi generasi yang berkepribadian Islami yang tangguh (syakhshiyah Islamiyah) yaitu memiliki pemikiran, perasaan dan perilaku yang mulia sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. keteguhan dalam menjaga aqidah, ketulusan dalam berprilaku sosial (mu’amalah), disertai dengan kepatuhan dalam beribadah.
Terkait dengan adanya bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh rahmat, berkah dan ampunan Allah Swt dan merupakan salah satu media tarbiyah/pendidikan yang diperuntukkan kepada umat yang beriman untuk melatih diri agar menjadi hamba Allah yang mampu mengendalikan hawa nafsu.  Agar nafsu yang notabene cenderung terhadap hal-hal yang buruk, mengarah ke jalan Syaiton,  dapat diarahkan dan menjadi kekuatan untuk dapat mendekatkan diri kepada jalan yang diridhoi dan dirahmati Allah.
 Dengan mencermati keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan sebagaimana tersebut diatas, maka kita akan menjadi hamba Allah yang merugi bilamana kita tidak dapat mengisi dan memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan melatih diri (Tarbiyatun nafs) dan memperbanyak amalan-amalan serta kegiatan yang positif sebagai bentuk investasi kita yang sebenarnya (amal shaleh) sebagai bekal kita di dunia sampai di akherat kelak.
Sejalan dengan pemikiran di atas, serta untuk mengoptimalkan hadirnya bulan Ramadhan sebagai Syahrul Tarbiyah, maka kami selaku pengampu pendidikan agama Islam di SMPN 1 Jumapolo, sebagaimana rutinitas tahun-tahun sebelumnya, mengadakan paket pembinaan kepribadian Islam bagi seluruh peserta didik di SMPN 1 Jumapolo melalui kegiatan Ramadhan 1438 Hijriyah.
Untuk lebih lengkapnya, proposal kegiatan ramadhan dan jadwal kegiatan dapat didownload pada link di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site