Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Senin, 05 Maret 2018

Posted by ashidqy hayun on 10.02 in , , | No comments
Berhubung sudah limit time buat pajak + pergantian plat nomor + rencana saya sekalian mau balik nama, maka hari ini cusss kota susu, Boyolali. Agak males juga sebenarnya. Karena terus terang lumayan jauh juga dari rumah. Di Google Maps tertera kalau Samsat Boyolali sekitar 22 kilometer, tapi saya yakin realnya pasti lebih jauh dari itu. Ya you know sendiri lah…. Dan lagi, terus terang saya agak kurang mengenal daerah Boyolali. Kalo Karanganyar jelas itu daerah tempat tinggal saya, Wonogiri dan Sukoharjo seringlah main-main ke rumah teman ke sana. Kalo daerah Sragen, ada catatan tentang mantan di sini ~hehehehehe….
Jadi, dengan berbagai alasan yang ujungnya punya kesimpulan ‘males’ tadi, sempat terpikir untuk pake jasa calo saja, lebih praktis sepertinya. Kita tinggal tunggu di rumah segala urusan beres.
Tetapi saya pikir lagi mungkin ada baiknya saya urus saja sendiri. Sekalian dolan-dolan, sekalian juga ijin dari tempat kerja, idep idep liburanlah.
Maka, saya siapkanlah syarat-syarat balik nama kendaraan. Tanya-tanya mbah Google, syaratnya Cuma KTP asli ( untuk yang mau dibalik namakan )+Fotocopy, STNK asli+Fotocopy, BPKB asli+fotocopy ditambah kwitansi jual beli bermaterai Rp. 6000,-.  
Berhubung saya bukan penduduk Boyolali, saya pinjamlah KTP kakak ipar STNK dan BPKB tinggal ambil di lemari. Lha untuk kwitansi, saya sih pede saja ndak bawa… hehehehe…
Oke, semua siap, saya tinggal jalan. Dan benar dugaan saya jangan terlalu mengandalkan Maps dari google tetep harus tanya orang di tepi jalan juga ternyata.
Samsat Boyolali
Singkat kata sampai juga di Samsat Boyolali dengan selamat. Tanya ke pak Satpam yang duduk di bagian informasi. Oleh beliau diarahkan untuk fotocopy dulu. Karena tidak ada kwitansi pembelian kendaraan, oleh mas mas yang fotocopy dibantulah untuk membuat kwitansi, oke fix. Habis itu langsung saja ke loket pendaftaran, di sini berkas berkas kita tadi akan di cek. Dari loket pendaftaran saya diarahkan ke loket 2, posisinya ada di dalam gedung. Berkas yang dari loket pendaftran tadi tinggal diantrikan dan kita duduk manis saja menunggu panggilan. Sesudah dari loket 2 kita ke bagian gesek no rangka dan no mesin dulu, cepet juga petugas geseknya. Sesudah itu masuk gedung lagi, berkas dimasukkan ke bagian mutasi. Sampai di sini bisa kita anggap bereslah urusan balik nama di STNK.
~Oh ya, sebagai catatan bagi anda yang tidak membawa uang tunai, sebaiknya sebelum masuk area samsat sempatkan dulu mampir ke ATM untuk ambil uang ya. Ini pengalaman saya, saya kira di area samsat akan ada Anjungan Tunai, ternyata di Samsat Boyolali tidak tersedia. ATM terdekat jaraknya sekitar beberapa kilometer, jadi saya terpaksa keluar dulu, untuk proses tarik tunai buat pembayaran biaya balik nama. ~
Oke balik lagi ke proses. Sesudah balik nama STNK selesai kita tinggal ke bagian pembuatan nomor plat baru di bagian belakang gedung, dan dalam 10 menitan dah beres. Urusan di samsat selesai.
Setelah urusan balik nama di Samsat Boyolali selesai, sekarang kita jalan lagi ke Satlantas Boyolali untuk mengganti nama BPKB. Berkasnya apa saja saya kurang tahu, sudah di fotocopy sekalian sama mas yang jaga. Jadi saran saya, lebih baik fotocopynya di samsat sekalian saja, nanti berkas sudah beres di tata sama yang jaga fotocopy pokoknya.
Sampai di Satlantas Boyolali, langsung saja masuk bagian BPKB, dari arah pintu masuk ke kanan. Sama mas yang bagian pendaftaran diminta bayar dulu ke Bank BRI ( ada di sebelah kiri pintu masuk ), dan sesudah itu beres. Tinggal nunggu proses BPKB dengan nama baru selesai. Sekitar tiga bulanan prosesnya.
Dari seluruh proses baik di Samsat sampai Satlantas Boyolali, kalau saya hitung, paling waktu yang terpakai untuk seluruh proses kurang dari 2 jam. Itupun saya sudah bolak-balik nyari ATM karena tidak membawa dana tunai untuk membayar administrasi di samsat. Jadi, kalo ada urusan dengan pajak kendaraan, urus saja sendiri, saya jamin tidak ribet, dan tidak perlu lagi pakai calo… CMIIW

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site