Aku, dan apa yang ada di sekitarku...

Jumat, 03 April 2015

Posted by ashidqy hayun on 18.54 in | No comments
mgmp+pai+smp+karanganyar
Anggota MGMP PAI SMP Kabupaten Karanganyar

Bertempat di Aula Panti Putri Aisyah Karanganyar, pertemuan kali ini mengagendakan beberapa pembahasan. Setelah pertemuan dibuka dengan sedikit molor dari waktu yang telah ditentukan ( harap maklum njeh… hehehe… ) acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. Dilanjutkan terlebih dahulu dengan tausiah/kultum yang disampaikan oleh Bp. Marsono. Kemudian sedikit sambutan dari Bp, Suharta selaku Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Karanganyar.
Selanjutnya, agenda pertemuan yang pertama adalah pembinaan dari Bidang PAKIS Kemenag Kab. Karanganyar. Yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Mujayanah. Dalam pertemuan ini, beliau menyampaikan beberapa hal terkait pola pembinaan Guru dan sertifikasi. (untuk urutan pertama, kami rangkumkan yang urusan sertifikasi saja ya, sepertinya ini lebih menarik untuk Bapak dan Ibu.. hehehe… )

  1. Tentang syarat-syarat pencairan sertifikasi. Untuk saat ini, data pengajuan sertifikasi harus  dilengkapi fotocopy RPP, Silabus, Prota, Promes. Dan dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  2. Informasi tentang pengajuan SK dirjen bagi peserta sertifikasi tahun 2013 yang SK-nya kemarin tertunda.
  3. Sulitnya pihak Kemenang untuk mencairkan tunjangan profesi bagi Guru Non PNS (GTT) di sekolah-sekolah  negeri, karena untuk syarat pencairan, tunjangan profesi bagi GTT tersebut harus memiliki SK pengangkatan dari bupati/pejabat yang berwenang dengan gaji GTT tersebut bersumber dari APBD/APBN.
  4. Tentang pengumpulan absensi/daftar hadir paling lambat tanggal 3 setiap bulannya ( ini khususs untuk Bapak/Ibu yang sudah menerima tunjangan profesi ). Kenapa pengumpulan diharuskan setiap tanggal 3, hal ini menurut penjelasan beliau adalah demi percepatan proses administrasi. Jadi absensi/atau daftar hadir bulan lalu dapat segera diproses pada awal bulan berikutnya.
  5. Tentang pendataan EMIS 2015. Sekali lagi demi percepatan proses administrasi dan pengolahan data oleh operator, secepatnya formulir/ blangko isian EMIS yang sudah beredar segera dikumpulkan kembali ke Bidang PAKIS Kemenag Kabupaten Karanganyar ( ini untuk semua Guru PAI ).

Agenda berikutnya pertemuan yang kedua adalah informasi dari Pengurus MGMP PAI KAbupaten Karanganyar terkait dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN ) utamanya Mapel Pendidikan Agama Islam. Hal ini terkait dengan jumlah paket soal yang ( Insha Allah ) akan terdiri dari dua paket soal, teknik penilaian Ujian Sekolah, dan beberapa hal teknis lain.
Selanjutnya agenda yang terakhir, yaitu tentang pelatihan IT dan sosialisasi/peluncuran blog MGMP PAI SMP Kabupaten Karanganyar. Inti dari pelatihan adalah tentang cara download dan ketentuan posting materi blog MGMP. Untuk download, hal ini dikarenakan luasnya lingkup kawasan Kabupaten Karanganyar maka para pengurus berinisiatif agar beberapa materi MGMP, undangan-undangan pertemuan, soal-soal juga barangkali (ngarep.com… hehehe… kalau ini harus pake enskripsi atau minimal paswords) dan beberapa hal lain akan di upload di blog selanjutnya anggota yang berada pada posisi jauh dari pusat kabupaten bisa mendownload materi-materi tersebut (jadi mikir dikit, bukannya ini sudah dilakukan oleh blog ini ya? Hidup MGMP PAI Pokja 3..!!! siapa dulu ketuanya… hehehe… )
Untuk alamat blog MGMP PAI SMP Kabupaten Karanganyar sendiri, Bapak/Ibu bisa mengunjungi alamat mgmppaismpkaranganyar.wordpress.com.  Bapak/Ibu Guru PAI yang punya hobby tulis menulis atau mempunyai informasi yang mungkin bisa bermanfaat bagi yang lain, bisa untuk dishare di blog MGMP PAI ini. Tentunya dengan melewati admin blog terlebih dahulu.
Demikian tentang pertemuan MGMP PAI SMP Kabupaten Karanganyar pada tanggal 1 April 2015 kemarin. Semoga bermanfaat…

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site